POTENSI DESA SESULU

  • Sep 13, 2022

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Potensi Fisik dan Non Fisik :

  • Sumber Daya Alam

    Sumber daya alam yang dimiliki desa seperti lahan kosong, sungai, sawah,perkebunan,   hutan, pegunungan yang pada saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal.

  • Sumber Daya Manusia

    Potensi yang dimiliki Desa Sesulu adalah tenaga, kader kesehatan,kader pertanian, dan tersedianya SDM yang memadai ini bisa dilihat dari tabel tingkat pendidikan di atas rata-rata adalah SMP/SMA.

  • Sumber Daya Sosial

    Potensi sumber daya sosial  yang dimiliki Desa Sesulu adalah banyaknya lembaga-lembaga yanga ada dimasyarakat seperti LPM,Gapoktan,Kelompok Pengajian, Arisan,Posyandu,Karang Taruna  ,dan lain-lain.

  • Sumber Daya Ekonomi

    Potensi sumber daya ekonomi yang dimiliki Desa Sesulu adalah adanya Lahan-Lahan Pertanian, Perkebunan, maupun Peralatan Kerja Seperti Peternakan,Perikanan.

Potensi Desa Sesulu, lebih jelas kami paparkan sebagai berikut :

Potensi yang ada di Desa Tengin Baru untuk mendukung kemajuan Desa, baik dari sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana prasarana maupun ekonomi dan sosial budaya.

1. Sumber Daya Alam

Pertanian/Perkebunan, Desa Sesulu adalah salah satu Desa penghasil ikan air asin, padi dan kelapa sawit oleh sebab itu tanaman sawit dan ikan air asin adalah produk unggulan di Desa Sesulu.

Peternakan ayam adalah salah satu potensi unggulan masyarakat yang masih terus dikembangkan. Dengan potensi alam yang sangat mendukung wilayah warga kami sangat cocok untuk pengembangan peternakan, jumlah peternakan yang ada di Desa Sesulu kurang lebih sebanyak 20 pertenakan ayam.

2. Sumber Daya Manusia dan Sosial

Ptensi sumber daya manusia yang dimiliki Desa Sesulu adalah tenaga, kader posyandu, petugas pertanian, dan tersedianya SDM.

Potensi sumber daya sosial  yang dimiliki Desa Sesulu lembaga-lembaga yanga ada dimasyarakat seperti LPM, Kelompok Pengajian, Posyandu, Karang Taruna dan lain-lain.

3. Sumber Daya Ekonomi

Potensi sumber daya ekonomi yang dimiliki Desa Sesulu adalah adanya Lahan pertanian. Pertanian adalah salah satu potensi unggulan masyarakat yang masih terus dikembangkan. Dengan potensi alam yang sangat mendukung wilayah warga kami sangat cocok untuk pengembangan pertanian.